Rabu, 06 Maret 2013

Akibat Dari Suka Tidur

Tidur bagi manusia adalah hal yang sangat penting, karena tidur mengendalikan irama kehidupan kita sehari-hari. Jika kita kurang tidur atau mengalami gangguan dalam tidur, maka hari-hari kita akan menjadi lambat dan kurang bergairah. 

Sebaliknya tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu kita memiliki energi dan gairah dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Setiap manusia menghabiskan seperempat sampai sepertiga dari kehidupannya untuk tidur. 

Menurut penelitian, hampir setiap manusia pernah mengalami masalah tidur. Satu dari tiga orang dilaporkan mengalami gangguan tidur dan satu dari sembilan orang memiliki masalah tidur yang cukup serius. Karena beberapa masalah tidur dapat diatasi oleh individu yang bersangkutan dan yang lain memerlukan bantuan dokter, maka diagnosis diri menjadi sangat penting.

Akibatnya jika sering tidur adalah:

1. Diabetes.
Penelitian menunjukkan, orang yang biasa tidur lebih dari sembilan jam tiap malam, berisiko 50 persen terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidur tujuh jam setiap malam.

2. Obesitas
Penelitian menunjukkan, mereka yang tidur selama 9-10 jam tiap malam 21 persen lebih mungkin mengalami obesitas, daripada mereka yang hanya tidur selama 7-8 jam.

3. Sakit kepala
Para peneliti meyakini, sakit kepala bisa merupakan efek dari oversleeping. Mereka yang tidur terlalu lama pada siang hari sering mengalami gangguan ketika hendak tidur pada malam harinya sehingga bisa memicu timbulnya sakit kepala pada keesokan hari. 

4. Nyeri punggung
Ketika kamu berbaring di tempat tidur selama berjam-jam, sering kali timbul nyeri pada punggung. Orang yang menderita sakit punggung atau rentan terhadap sakit punggung pun dianjurkan dokter untuk tetap aktif bergerak, tidak sering berbaring atau tiduran.

6. Ini akibat paling parah: Kematian !!!
Beberapa penelitian menemukan, orang yang tidur sembilan jam atau lebih tiap malam memiliki tingkat kematian lebih tinggi daripada mereka yang tidur tujuh hingga delapan jam per malam. Para peneliti berspekulasi, depresi dan rendahnya status sosial ekonomi (juga dikaitkan dengan tidur lebih lama) dapat dihubungkan dengan meningkatnya mortalitas (kematian).

Dan ada juga akibat jika kelebihan tidur:


1. Sleep apnea
jenis gangguan tidur di mana orang berhenti bernapas untuk sesaat ketika tidur dan dapat menyebabkan meningkatnya kebutuhan tidur karena membuat siklus tidur normal terganggu. Penderita akan merasa lelah dan lemas meski telah tidur selama 10 jam. :o

2. Narcolepsy
Masalah neurologis yang menyebabkan tidur berlebihan. Narcolepsy memengaruhi bagian otak yang mengontrol dan mengatur tidur. Sehingga membuat Penderita tidak dapat mengendalikan sehingga Penderita dapat tertidur di mana saja dan kapan saja. 

3. Stres dan depresi
Dan ini lah penyebab yang membuat saya saat kemarin malas ngeblog. Dua hal ini memang harus dihindari karena dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan jiwa, juga mental, tak terkecuali oversleeping.

4. Kelelahan

Kelelahan akibat bekerja terlalu keras, gangguan tidur, atau kekurangan tidur merupakan salah satu penyebab utama oversleeping. karena ketika merasa lelah, anda cenderung memutuskan tidur lebih lama, bahkan lebih dari sembilan jam, untuk mencoba supaya segar kembali.


Ini lah beberapa tips agar bisa sedikit terhindar dari oversleeping 
1. Pilih nada atau suara alarm yang tepat
Memilih suara yang tepat penting artinya untuk mengembalikan kamu ke realitas, bahkan dari tidur yang paling dalam.

2. Jangan tergoda untuk tidur ringan atau snooze setelah terbangun.
Hindarilah penggunaan tombol snooze pada alarm karena hanya akan mengacaukan jadwal alarm tidur kamu.

3. Pertahankan jadwal tidur secara teratur.
Buatlah kebiasaan yang membuat tubuh kamu teratur untuk beristirahat dan kembali siap untuk beraktivitas pada hari berikutnya. Rencanakan program aktivitas hingga larut hanya pada saat kamu bebas dari pekerjaan pada keesokan harinya. :d

4. Hindari stress dan depresi berlebih

sempat dijelaskan di atas kalau anda sedang stress akan membuat anda mudah tidur dan tidur lama. Jadi usahakan untuk menghindari hal ini.

Sumber: http://yogzjyt.mywapblog.com/akibat-terlalu-sering-tidur-dan-tips-unt-2.xhtml




Tidak ada komentar:

Posting Komentar